Hal- Hal yang Perlu Diperhatikan Terkait Data yang Harus di Upload di SSCN
Halo calon abdi negara! Apa kabar? Masih di
tahap pendaftaran, berikut aku ingetin tentang hal-hal yang perlu diperhatikan
terkait data yang harus diupload/diisi di website sscn:
1.
KTP
Pastikan scan wajah kamu keliatan jelas, semua tulisannya kelihatan
jelas. Dan pastikan lagi kamu sudah punya e-KTP, karena biasanya yang banyak
bermasalah itu yang KTPnya belum elektronik.
2.
Ijazah
Pastikan scan nomor ijazah terbaca jelas, foto ijazah terbaca jelas, dan
tanda tangan juga terlihat jelas, serta jika ada stempel, maka stempel harus
full terlihat jelas (tidak terpotong). Pastikan juga penulisan nama dan gelar
benar. Ingat, NAMA yang dipakai untuk daftar di akun untuk registrasi maupun
seluruh rangkaian kegiatan rekrutmen CPNS, itu SAMAKAN DENGAN NAMA YANG TERTERA
DI IJAZAH (*jika kondisimu nama di KTP dengan nama di ijazah berbeda). Pastikan
juga ijazahmu sudah terdaftar di SIVIL Ristekdikti. Kamu bisa cek legalitas
ijazah kamu disini:
3.
Transkrip
Pastikan seluruh mata kuliah, nilai, nama dan semuanya terlihat jelas. Jika
ada stempel, pastikan stempel di scan transkrip tidak terpotong.
4.
Pas
foto
Ketentuan pas foto sudah jelas harus berlatar belakang merah, saran
pakai baju formal warna putih (terserah bisa pakai jas atau tidak), hindari
pakai baju/kerudung warna cerah.
5.
Surat
lamaran, Surat Perjanjian, dan sebagainya
Ini yang orang sering terpeleset. Hati-hati sekali, masih nyambung sama
artikel sebelum ini, bahwa sering-seringlah baca pengumuman di website masing-masing
instansi yang akan kalian daftar. Karena BIASANYA SELALU disediakan format
tertentu yang tidak perlu kalian rubah, hanya kalian tinggal isi apa saja yang
harus diisi. Karena ini pernah kejadian ada yang daftar di instansi X dan dia
pakai format surat lamaran tahun sebelumnya padahal isinya kurang lebih sama,
tapi formatnya sedikit berbeda, itu dia langsung tidak lolos seleksi
administrasi (alias kalah sebelum berperang). Dan masing-masing instansi punya
format yang berbeda-beda jadi silahkan kalian cek masing-masing yaa.
Nah setelah kalian print surat-surat tersebut, kalian tanda tangan asli
(dan materai jika terdapat ketentuan), baru kemudian di scan.
6.
Dokumen
lain-lain
Dokumen lain-lain ini ada yang disuruh upload tapi ada juga yang ngga
disuruh sama sekali, tapi tetep jaga-jaga aja siapa tau disuruh hehe.
-
Toefl
Cek dulu, pastikan
sertifikat toefl kalian masih berlaku (tidak kadaluarsa). Bagi yang tanggal
berlakunya mepet-mepet, saranku mending segera tes toefl lagi, takutnya nggak
diakui. Kalo ternyata sertifikatnya masih berlaku lama ya tinggal scan yang
jelas, nama institusinya harus kelihatan jelas, nilai juga harus tertera jelas,
dan kalau ada stempel dan tanda tangan jangan sampai terpotong. Ketentuan tentang
toefl lebih lanjut bisa kamu google-ing aja yaa hehe.
-
Akreditasi
institusi/universitas
Pastikan akreditasi institusi masih
berlaku, baru discan yang jelas. Kamu bisa cek masa berlaku akreditasi institusimu
disini:
-
Akreditasi
jurusan
Pastikan akreditasi jurusanmu masih
berlaku, baru discan yang jelas. Kamu bisa cek masa berlaku akreditasi jurusanmu
disini:
-
Lain-lain
Pokoknya intinya semua
harus terlihat jelas jangan sampai ada yang samar.
Jangan lupa, semua file yang harus
kamu upload, punya batas maksimal ukuran lho. Kurang lebih seperti ini:
*Sumber tertera
Mungkin segitu aja yang bisa aku
sampein. Mungkin juga kalian bakal butuh untuk meng-combine file (menyatukan
beberapa file) pdf dan atau photo kalian untuk upload berkas, sedikit tips dari
aku, lebih mudah kalau kalian pakai Nitro PDF soalnya fiturnya lengkap. Mulai dari
convert file pdf ke image dan sebaliknya, sampai combine file yang bermacam
jenisnya.
Atau, kalo kamu males install nitro,
kamu bisa Convert file kamu disini:
Compress file
(mengecilkan ukuran file yang terlalu besar) kamu disini:
Dan Combine file-file kamu disini:
JANGAN LUPA, selalu DOUBLE CHECK
semua file kamu sebelum diuplad yaaa!
Komentar
Posting Komentar