Hal- Hal yang Perlu Diperhatikan Terkait Data yang Harus di Upload di SSCN


Halo calon abdi negara! Apa kabar? Masih di tahap pendaftaran, berikut aku ingetin tentang hal-hal yang perlu diperhatikan terkait data yang harus diupload/diisi di website sscn:

1.     KTP
Pastikan scan wajah kamu keliatan jelas, semua tulisannya kelihatan jelas. Dan pastikan lagi kamu sudah punya e-KTP, karena biasanya yang banyak bermasalah itu yang KTPnya belum elektronik.
2.     Ijazah
Pastikan scan nomor ijazah terbaca jelas, foto ijazah terbaca jelas, dan tanda tangan juga terlihat jelas, serta jika ada stempel, maka stempel harus full terlihat jelas (tidak terpotong). Pastikan juga penulisan nama dan gelar benar. Ingat, NAMA yang dipakai untuk daftar di akun untuk registrasi maupun seluruh rangkaian kegiatan rekrutmen CPNS, itu SAMAKAN DENGAN NAMA YANG TERTERA DI IJAZAH (*jika kondisimu nama di KTP dengan nama di ijazah berbeda). Pastikan juga ijazahmu sudah terdaftar di SIVIL Ristekdikti. Kamu bisa cek legalitas ijazah kamu disini:

3.     Transkrip
Pastikan seluruh mata kuliah, nilai, nama dan semuanya terlihat jelas. Jika ada stempel, pastikan stempel di scan transkrip tidak terpotong.
4.     Pas foto
Ketentuan pas foto sudah jelas harus berlatar belakang merah, saran pakai baju formal warna putih (terserah bisa pakai jas atau tidak), hindari pakai baju/kerudung warna cerah.
5.     Surat lamaran, Surat Perjanjian, dan sebagainya
Ini yang orang sering terpeleset. Hati-hati sekali, masih nyambung sama artikel sebelum ini, bahwa sering-seringlah baca pengumuman di website masing-masing instansi yang akan kalian daftar. Karena BIASANYA SELALU disediakan format tertentu yang tidak perlu kalian rubah, hanya kalian tinggal isi apa saja yang harus diisi. Karena ini pernah kejadian ada yang daftar di instansi X dan dia pakai format surat lamaran tahun sebelumnya padahal isinya kurang lebih sama, tapi formatnya sedikit berbeda, itu dia langsung tidak lolos seleksi administrasi (alias kalah sebelum berperang). Dan masing-masing instansi punya format yang berbeda-beda jadi silahkan kalian cek masing-masing yaa.
Nah setelah kalian print surat-surat tersebut, kalian tanda tangan asli (dan materai jika terdapat ketentuan), baru kemudian di scan.
6.     Dokumen lain-lain
Dokumen lain-lain ini ada yang disuruh upload tapi ada juga yang ngga disuruh sama sekali, tapi tetep jaga-jaga aja siapa tau disuruh hehe.
-       Toefl
Cek dulu, pastikan sertifikat toefl kalian masih berlaku (tidak kadaluarsa). Bagi yang tanggal berlakunya mepet-mepet, saranku mending segera tes toefl lagi, takutnya nggak diakui. Kalo ternyata sertifikatnya masih berlaku lama ya tinggal scan yang jelas, nama institusinya harus kelihatan jelas, nilai juga harus tertera jelas, dan kalau ada stempel dan tanda tangan jangan sampai terpotong. Ketentuan tentang toefl lebih lanjut bisa kamu google-ing aja yaa hehe.


-       Akreditasi institusi/universitas
Pastikan akreditasi institusi masih berlaku, baru discan yang jelas. Kamu bisa cek masa berlaku akreditasi institusimu disini:

-       Akreditasi jurusan
Pastikan akreditasi jurusanmu masih berlaku, baru discan yang jelas. Kamu bisa cek masa berlaku akreditasi jurusanmu disini:

-       Lain-lain
Pokoknya intinya semua harus terlihat jelas jangan sampai ada yang samar.


Jangan lupa, semua file yang harus kamu upload, punya batas maksimal ukuran lho. Kurang lebih seperti ini:


*Sumber tertera

Mungkin segitu aja yang bisa aku sampein. Mungkin juga kalian bakal butuh untuk meng-combine file (menyatukan beberapa file) pdf dan atau photo kalian untuk upload berkas, sedikit tips dari aku, lebih mudah kalau kalian pakai Nitro PDF soalnya fiturnya lengkap. Mulai dari convert file pdf ke image dan sebaliknya, sampai combine file yang bermacam jenisnya.
Atau, kalo kamu males install nitro, kamu bisa Convert file kamu disini:

Compress file (mengecilkan ukuran file yang terlalu besar) kamu disini:

Dan Combine file-file kamu disini:


JANGAN LUPA, selalu DOUBLE CHECK semua file kamu sebelum diuplad yaaa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMANKU DAFTAR CPNS dan TIPS DAFTAR CPNS 2019